Doa adalah otaknya ibadah

Saturday, January 13, 2018

Bacaan Doa Qunut Nazilah dan Kapan Bolehnya

Bacaan doa qunut Nazilah
Bacaan doa qunut nazilah dalam teknis pelaksanaannya sedikit berbeda dengan doa qunut yang lain seperti qunut witir dan qunut shubuh. Sebenarnya tak hanya tata caranya saja yang berbeda, tetapi bacaannya juga berbeda dan kapan dilakukannyapun juga berbeda.
Nah, bagaimana tata caranya dan kapan bolehnya? Dibawah ini adalah sejumlah tata cara doa qunut nazilah serta kapan diperbolehkannya.

Penggunaan Doa Qunut Nazilah
1.      Saat shalat lima waktu
Tidak seperti bacaan qunut lainnya, doa qunut nazilah dilakukan pada sholat fardhu selama 5 waktu dalam beberapa hari secara berturut-turut. Sementara itu, yang sebaiknya melakukan doa qunut nazilah tersebut adalah imam yakni pimpinan umat agama Islam.
2.      Saat terjadi bencana atau bala
Pada masa Nabi Muhammad SAW bacaan doa qunut nazilah hanya dilakukan saat terjadi peristiwa besar seperti malapetaka, bencana serta pembunuhan atas agama Islam. Sementara pada masa sekarang cocok dan tepat dilakukan untuk mendoakan seperti saat Israel mengebom Gaza. Qunut nazilah ini tidak tepat bila dilakukan secara terus menerus karena di masa Rasulullah saja beliau melakukan amalan bacaan doa qunut nazilah hanya dalam hitungan sebulan.
3.      Imam membaca qunut nazilah dengan keras dan diamini oleh makmum
Tata cara pembacaan doa qunut nazilah yang dianjurkan pada imam shalat adalah mengeraskan suara bacaannya supaya seluruh makmum yang ada di belakan bisa mengamini doa tersebut.
4.      Setelah bangun ruku’ sesudah i’tidal pada rakaat paling akhir
Tata cara membaca doa qunut nazilah adalah dilaksanakan pada saat berdiri dari ruku’ atau i’tidal saat rakaat paling akhir shalat wajib.
5.      Sunnah mengangkat tangan
Sebuah hadist mengungkapkan jika dalam membaca doa qunut disunnahkan untuk mengangkay kedua tangan saat membaca doa qunut tersebut tanpa mengusap muka jika sudah selesai membacanya. 

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَأَلِّفْ بَيْنَ قُلُوبِهِمْ وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِهِمْ وَانْصُرْهُمْ عَلَى عَدُوِّكَ وَعَدُوِّهِمْ

Artinya :
Ya Allah ! Ampunilah kami, kaum mukminin dan mukminat, muslimin dan muslimat. Persatukanlah hati mereka. Perbaikilah hubungan di antara mereka dan menangkanlah mereka atas musuh-Mu dan musuh mereka”.

 

                Itulah sedikit ulasan tentang tata cara membaca bacaan doa qunut nazilah dan kapan saja waktu yang diperbolehkan untuk membaca doa qunut tersebut. Setelah membaca ulasan ini tentunya Anda jangan sampai lupa untuk mengamalkannya disaat membutuhkannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bacaan Doa Qunut Nazilah dan Kapan Bolehnya

0 comments:

Post a Comment