Doa adalah otaknya ibadah

Wednesday, January 31, 2018

Bacaan Manasik Haji untuk Latihan Anak

Belakangan ini banyak sekali taman kanak-kanak dan sekolah-sekolah dasar yang menyelenggarakan kegiatan manasik haji kepada para peserta didiknya. Hal ini tentu sangat baik karena makna manasik haji adalah untuk melatih calon haji melakukan ibadah haji namun dalam hal ini tentu saja ditujukan dalam rangka belajar siswa. Tetapi harus menjadi perhatian para guru maupun penyelenggara manasik haji anak bahwa bacaan manasik haji yang digunakan janganlah terlalu panjang melainkan harus disesuaikan dengan kapasitas anak-anak.

Bacaan Manasik Haji yang Pas untuk Anak

Sebagai referensi dan bahan tukar pikiran bacaan manasik haji dan tata cara manasik haji untuk belajar anak sebaiknya seperti berikut ini:

1. Upacara pemberangkatan jamaah haji

Dalam tahap awal ini tentu belum termasuk dalam rangkaian kegiatan ibadah haji maka sebaiknya pada momen ini disampaikan tentang aturan-aturan selama menjalani prosesi manasik haji, doa berangkat haji atau bisa juga menggunakan doa perjalanan, serta ingatkan para siswa untuk menyiapkan perlengkapan manasiknya.

2. Niat ibadah haji

Niat ibadah haji ini dibacakan setelah para siswa peserta manasik haji sampai di lokasi manasik, upayakan agar setiap siswa memahami makna niat haji ini karena niat merupakan salah satu bagian penting dalam ibadah haji. Niat haji sendiri yaitu sebagai berikut:

3. Berjalan menuju Arafah

Berjalan menuju padang arafah sambil membaca Talbiyah untuk wukuf, bacaannya adalah sebagai berikut:
لَبَّيْكَ اللهُمَّ حَجًّا

LABBAIK ALLAAHUMMA HAJJAN

Ya Allah, kupenuhi panggilan-Mu untuk berhaji.

Untuk kegiatan wukufnya sendiri berisikan kegiatan membaca zikir selayaknya zikir sesudah solat yaitu Subhanallah, Walhamdulillah, Laailaahaillallah, Allahuakbar yang kemudian dilanjutkan dengan solat dzuhur dan ashar secara Jamak Qoshor Takdim secara berjamaah. Khotbah wukuf sendiri bisa dilakukan oleh guru maupun pihak pemandu manasik.

4. Peserta diarahkan ke mudzdalifah sambil mengambil batu kerikil serta membacakan kalimat Talbiyah kembali seperti di atas

5. Setelah itu menuju Mina untuk melakukan lempar jumroh serta bermalam. Umumnya kegiatan bermalam ini diskip dan hanya disampaikan kepada anak-anak itu bahwa pada haji yang sesungguhnya jamaah haji harus bermalam di mina. Untuk lempar jumroh sendiri sambil membaca bacaan berikut:

6. Setelah melempar jumrah selesai maka tinggal melakukan thawaf wada’ setelah itu barulah prosesi haji sudah bisa dikatakan selesai

Pentingnya Menyederhanakan Bacaan Manasik Haji bagi Anak

Tata cara dan bacaan manasik haji di atas tentu tidak selengkap dan sebanyak prosesi haji maupun manasik haji pada umumnya karena memang ditujukan untuk anak-anak. Hal ini  dikarenakan kegiatan manasik haji pada anak bertujuan untuk memberi pengenalan tentang ibadah haji saja kepada para siswa dan bukannya mempersiapkan mereka untuk benar-benar berangkat haji. Selain itu dengan bacaan yang tidak terlalu banyak dan panjang akan membuat mood anak-anak sebagai peserta manasik tetap terjaga karena akan sangat merepotkan jika mood mereka rusak karena kelelahan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bacaan Manasik Haji untuk Latihan Anak

0 comments:

Post a Comment