Doa adalah otaknya ibadah

Thursday, January 18, 2018

Doa Naik Haji bagi yang Hendak Berangkat Haji

Pergi ke tanah suci Mekah dan menjalankan rukun Islam yang kelima merupakan harapan bagi seluruh muslim dan muslimat di dunia ini. Sayangnya tidak semua umat mendapat kesempatan berharga itu karena banyak diantaranya yang memiliki keterbatasan baik keterbatasan fisik dan mental maupun keterbatasan biaya. Itulah mengapa perintah untuk beribadah haji ini hanya ditujukan kepada muslimin dan muslimat yang mampu saja baik itu mampu jiwanya, mampu raganya, mampu akalnya serta mampu biayanya. Oleh sebab itu sudah seharusnya mereka yang bisa berangkat beribadah haji untuk dapat lebih bersyukur terhadap nikmat yang Allah berikan tersebut dan tidak lupa meningkatkan kualitas Iman dan Islamnya ketika pulang dari ibadah haji nanti. Selain itu bagi anda yang baru akan pergi haji maka sebaiknya membaca doa naik haji sebagai permohonan kepada Allah untuk menjaga keluarga yang anda tinggalkan selama ibadah haji.

Doa Naik Haji yang Dibacakan oleh Calon Haji yang Berangkat

Sebagai seseorang yang hendak pergi jauh dan meninggalkan keluarga di rumah baik itu meninggalkan suami, istri, anak, orang tua dan keluarga lainnya maka sudah sepantasnya anda meninggalkan bekal untuk yang ditinggalkan. Bekal yang dimaksud bukan hanya bekal materi untuk mencukupi kebutuhan keluarga yang ditinggalkan dimana hal itu utamanya dilakukan oleh kepala keluarga yang pergi haji, tetapi bekal doa kepada Allah untuk melindungi, merawat dan memelihara keluarga yang ditinggalkan itu. Itulah mengapa doa naik haji berikut ini perlu anda baca ketika berangkat haji nanti, yaitu sebagai berikut:

أَسْتَوْدِعُكَ اللَّهَ الَّذِى لاَ تَضِيعُ وَدَائِعُهُ

Astawdi’ukallaha alladzi laa tadhi’u wa daa-i’uhu

Doa di atas memiliki arti “aku menitipkan kalian kepada Allah yang tidak mungkin menyia-nyiakan titipannya”. Makna doa tersebut jelas bahwa anda sebagai orang yang hendak pergi beribadah haji untuk waktu yang cukup lama memohon kepada Allah untuk menjaga keluarga yang anda tinggalkan itu.

Doa Naik Haji yang Dibacakan oleh Keluarga Calon Haji yang Berangkat

Selain doa naik haji yang dibacakan oleh si calon haji sendiri juga ada doa yang sebaiknya dibacakan oleh keluarga yang hendak ditinggalkan. Tidak ada keharusan siapa yang harus membaca doa ini baik itu suaminya, istrinya, anaknya, orang tuanya maupun pihak lainnya karena siapa pun boleh membacanya. Adapun doa yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Astawdi’ullaha diinaka, wa  amaanataka, wa khowaatiima ‘amalik
Astawdi’ullaha diinaka, wa  amaanataka, wa khowaatiima ‘amalik

Sumber : https://rumaysho.com/3639-do-a-untuk-orang-yang-hendak-pergi-haji.html

Doa tersebut memiliki arti sebagai berikut “aku menitipkan agamamu, amanahmu, dan perbuatan terakhirmu kepada Allah”. Doa ini jelas berisikan permohonan atas keselamatan dari calon haji serta permohonan agar calon haji selalu dalam keadaan iman dan Islam kapan pun ia berada bahkan ketika di akhir hayatnya sekalipun. Dengan kedua doa tersebut di atas mudah-mudahan bukan hanya dapat membawa keselamatan bagi keluarga yang ditinggalkan berhaji tetapi juga dapat membuat jamaah haji yang berangkat menjadi haji yang mabrur.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Doa Naik Haji bagi yang Hendak Berangkat Haji

0 comments:

Post a Comment