Doa adalah otaknya ibadah

Friday, January 5, 2018

Doa Orang Sakit Menurut Al-Qur'an

Nikmat Allah di dunia ini amat sangat banyak dan tidak mungkin bagi kita sebagai makhlukNya ini untuk menghitung segala nikmat dan karunia yang telah Allah berikan kepada kita sejak ruh dihembuskan ke dalam raga. Salah satu nikmat Allah yang sering kita lupa bersyukur atas nikmat itu adalah nikmat sehat. Seperti yang semua orang tahu bahwa kesehatan merupakan hal yang amat sangat berharga dan mahal, sehingga ketika sedikit saja nikmat sehat itu diambil dari jiwa maupun raga kita maka rasanya benar-benar berbeda. Katakanlah untuk sekedar sakit mata saja rasanya benar-benar amat sangat mengganggu, seperti itulah rasanya ketika sedikit nikmat sehat di bagian mata kita diambil. Oleh sebab itu kita sebagai manusia harus banyak-banyak bersyukur agar Allah selalu senantiasa memberikan nikmat-nikmatnya kepada kita. Tetapi apabila sakit itu datang kepada kita maka sudah seharusnya kita berusaha agar kesembuhan datang kembali dan nikmat sehat kita rasakan kembali. Usaha yang dilakukan jelas seperti berobat ke dokter, meminum obat, menjalani terapi dan hal-hal lain yang dapat membantu upaya kesembuhan kita. Selain upaya atau usaha kita pun harus terus beroda kepada Allah memohon kesembuhan, karena tidak ada yang mungkin terjadi tanpa izin dari Allah. Itu sebabnya Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk membaca doa orang sakit ketika kita sedang sakit baik itu sakit parah maupun sakit biasa.

Doa Orang Sakit dari Surat Al-Anbiya

Di dalam Al-Qur’an terdapat doa orang sakit yang bisa anda panjatkan kepada Allah ketika anda dititipkan suatu penyakit di dalam tubuh anda. Doa yang dimaksud tepatnya terdapat di dalam Al-Qur’an surat Al-Anbiya ayat 83 yang berbunyi sebagai berikut: (lihat dibawah)

Bacaan doa di atas karena bersumber dari Al-Qur’an maka tidak ada pertentangan mengenai isi doanya dimana doa tersebut berisikan permohonan untuk diberikan kesembuhan karena sesungguhnya Allah adalah Tuhan yang Maha Penyayang diantara siapa pun yang menyayangi si sakit. Bacalah doa di atas setiap waktu terutama di waktu-waktu mustajab doa dan mudah-mudahan Allah akan segera memberikan kesembuhan untuk anda. Tetapi harus disadari pula bahwa Allah adalah pembuat rencana yang paling hebat sehingga seperti apapun usaha dan doa kita jika Allah memiliki rencana lain terkait sakit kita itu maka percayakan sama semuanya kepada Allah.

Amalan Pendamping Doa Orang Sakit

Ketika anda sakit sangat dianjurkan untuk melakukan berbagai amalan selain doa orang sakit di atas. Amalan itu bertujuan untuk menunjukkan istikomahnya anda dalam sakit yang sedang anda derita itu. Beberapa amalan yang bisa anda lakukan antara lain berzikir terutama bacaan istigfar dan tasbih, tadarus atau mengaji Al-Qur’an, pusa jika memungkinkan dan diizinkan dokter, serta amalan-amalan lain yang bisa anda lakukan dalam sakit anda.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Doa Orang Sakit Menurut Al-Qur'an

0 comments:

Post a Comment