Doa adalah otaknya ibadah

Thursday, January 18, 2018

Doa Pulang Haji Berdasar Tuntunan Rasul

doa pulang haji
Berhaji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan bagi mereka yang mampu. Mampu di sini dalam artian mampu secara fisik maupun secara finansial karena tidak sedikit orang yang finansialnya mampu untuk berhaji tetapi fisiknya tidak memungkinkan, begitupun sebaliknya banyak orang yang secara fisik mampu melaksanakan haji tetapi kondisi finansial tidak mendukungnya. Ibadah haji memakan waktu yang tidak sebentar karena banyak rukun haji dan wajib haji yang harus ditunaikan oleh si jamaah haji. Selain itu antrean kepulangan ke negara asal pun kadang-kadang memakan waktu yang lama pula, hal ini seringkali membuat kerinduan yang mendalam dari si jamaah haji kepada keluarganya di rumah maupun sebaliknya dari kelurga kepada si jamaah yang berangkat haji. Oleh sebab itu sangat dianjurkan kepada si jamaah haji yang baru pulang dari ibadah hajinya untuk membaca doa pulang haji. Namun doa yang dimaksud tentu bukan doa sembarangan karena setiap ibadah yang dalam hal ini doa haruslah memiliki pedoman atau pegangan. Maka dari itulah doa pulang dari ibadah haji yang seharusnya dibaca adalah doa yang diajarkan oleh Rasulullah Muhammad SAW.

Sabda Nabi tentang Doa Pulang Haji

Para ahli agama mengatakan bahwa adab ketika seseorang pulang dari haji sama saja dengan adab ketika seseorang pulang safar dimana hal tersebut telah disampaikan Rasulullah melalui sabdanya, yaitu sebagai berikut:

1. Bergegas pulang ke rumah

Ketika seorang jamaah haji telah tiba ke negaranya atau bahkan kota asalnya maka sebaiknya segera pulang ke rumahnya masing-masing. Anjuran ini tentu bukan untuk melarang anda yang baru pulang haji untuk membeli oleh-oleh tetapi untuk segera menemui keluarga yang ditinggalkan selama berhaji.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
السَّفَرُ قِطْعَةٌ مِنَ الْعَذَابِ يَمْنَعُ أَحَدَكُمْ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ وَنَوْمَهُ فَإِذَا قَضَى أَحَدُكُمْ نَهْمَتَهُ فَلْيُعَجِّلْ إِلَى أَهْلِهِ

“Safar itu bagian dari azab (melelahkan), menghalangi salah seorang untuk makan, minum, dan tidur dengan nyaman. Karena itu, apabila kalian telah menyelesaikan urusannya, bersegeralah pulang menemui keluarganya.”(HR. Bukhari 1804 & Muslim 1927)

2. Memberi tahu keluarganya

Memberi kabar baik atau kabar gembira merupakan salah satu ibadah bagi kaum muslimin dan muslimat, itulah mengapa kabar kepulangan anda yang telah selesai menjalankan ibadah haji harus disampaikan kepada keluarga terutama kelurga yang ditinggalkan di rumah selama menunaikan ibadah haji.

3. Membaca doa pulang haji ketika melihat kampungnya atau dalam hal ini bisa juga negara maupun rumah

Doa yang dimaksud adalah doa yang sesuai tuntunan Rasulullah yakni sebagai berikut:
آيِبُونَ تَائِبُونَ عَابِدُونَ لِرَبِّنَا حَامِدُونَ

Aayibuun taa-ibuun ‘aabiduun li rabbinaa haamiduun

‘Orang-orang yang kembali, bertaubat, beribadah, dan hanya kepada Rabb kami semua memuji.’

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berulang-ulang membacanya, sampai kami tiba di Madinah.” (HR. Muslim 1345)

4. Melaksanakan solat dua rakaat di masjid maupun musala terdekat

Solat dua rakaat ini sebagai ungkapan syukur kepada Allah SWT atas dilancarkannya segala rangkaian ibadah haji yang anda lakukan.

Esensi Doa Pulang Haji

Pada hakikatnya doa pulang haji dibacakan sebagai ungkapan rasa syukur anda karena nikmat haji yang telah anda peroleh. Karena tidak semua manusia diberi kesempatan untuk berhaji, bertobat langsung meminta ampun di rumah Allah dan mengagumi keagunganNya. Maka dari itu bagi anda yang hendak melaksanakan ibadah haji nanti jangan sampai lupa membaca doa di atas ketika telah pulang dari haji.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Doa Pulang Haji Berdasar Tuntunan Rasul

0 comments:

Post a Comment