Doa adalah otaknya ibadah

Sunday, January 21, 2018

Menjenguk Orang Sakit? Maka Bacalah Doa Cepat Sembuh Ini

Allah SWT menurunkan sakit kepada kita hambanya tentu bukan tanpa sebab dan tanpa alasan melainkan pasti ada makna dibalik sakit itu sendiri. Diturunkannya sakit kepada diri kita bisa merupakan sebuah cobaan atau ujian untuk mengukur sejauh mana keimanan kita terhadap Allah. Di sisi lain sakit yang diberikan pun bisa saja merupakan teguran dari Allah atas dosa-dosa dan kelalaian yang selama ini kita perbuat. Namun apapun makna di balik turunnya sakit itu tetap menandakan bahwa Allah menyayangi kita sebagai hambaNya. Bagi anda yang hendak mengunjungi rekan, kerabat, saudara atau siapa pun yang sakit maka sangat disarankan kepada anda untuk membacakan doa cepat sembuh dengan harapan semoga orang yang anda jenguk itu segera diberikan kesembuhan oleh Allah. Berdoa mohon disembuhkan ini bukan berarti kita tidak percaya bahwa sakit yang diberikan kepada orang sakit itu merupakan tanda sayang Allah kepadanya, melainkan sebagai bentuk muamalah kita kepada sesama manusia.

Bacaan Doa Cepat Sembuh

Doa cepat sembuh ini lebih dibutuhkan dibandingkan dengan bawaan yang biasanya kita bawa ketika menjenguk orang sakit seperti misalnya buah-buahan dan makanan-makanan ringan. Karena semakin banyak orang yang mendoakan kesembuhan si sakit dari penyakit yang ia derita maka niscaya Allah akan mengabulkan doa-doa tersebut. Doa yang dapat anda bacakan ketika menjenguk orang sakit sendiri adalah sebagai berikut:

اللّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ فَأَنْتَ الشَّافيِ لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَماً

Allahumma robbannas adzhibilba’ sa isyfi antasysyafi la syifauka syifa’ an la yughodiru saqoma.

Artinya ;
“Ya Allah Ya Tuhanku, Tuhan dari segala manusia dimuka bumi, berikanlah kesembuhan kepadanya, angkatlah penyakitnya, dan jadikanlah penyakit yang ia derita sebagai pelebur dosa. Hanya kepadamu lah kami meminta kesembuhan, kesembuhan yang tak ada kambuh lagi.” ( H.R. Bukhari dan Muslim)

Doa di atas dapat anda baca ketika baru memasuki ruangan tempat si sakit dirawat, ketika sedang berbincang dengan si sakit maupun ketika hendak pamit pulang meninggalkan tempat dirawatnya si sakit. Bahkan ketika anda di rumah atau di tempat lain tanpa adanya si sakit di dekat anda pun anda bisa membacakan doa ini untuknya. Karena pada dasarnya doa bisa dibacakan kapan saja tanpa mengenal tempat dan waktu. Dianjurkan pula kepada anda yang hendak membaca doa ini untuk membacanya pada waktu-waktu mustajab suatu doa didengar oleh Allah seperti sesudah solat wajib, jeda antara azan dan ikamat, sepertiga malam sesudah solat tahajud dan beberapa waktu mustajab doa lainnya. Asalkan perlu anda tekankan bahwa doa yang anda baca itu ditujukan kepada si sakit untuk kesembuhannya.

Anjuran Terkait Doa Cepat Sembuh
Dalam membaca doa cepat sembuh ini anda tidak perlu secara lantang hingga terdengar oleh orang lain, karena cukup dibacakan di dalam hati pun sudah bisa didengar Allah. Sebagian ulama berpendapat bahkan menganjurkan untuk sakit-sakit tertentu dimana letak sakitnya dapat disentuh seperti misalnya pada perut, pada kaki, pada kepala maupun pada lengan maka doa di atas dapat dibacakan sambil mengusap bagian yang sakit itu. Tetapi perlu menjadi catatan bahwa hanya yang muhrim saja yang boleh melakukan hal ini. Tetapi sekali lagi hal tersebut hanya sebuah himbauan dan bukan kewajiban untuk melakukannya seperti itu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Menjenguk Orang Sakit? Maka Bacalah Doa Cepat Sembuh Ini

0 comments:

Post a Comment