Doa adalah otaknya ibadah

Saturday, January 13, 2018

Tata cara membaca Doa Qunut Subuh yang Benar dan Urut

doa qunut subuh
Melaksanakan sholat adalah kewajiban. Jika dilakukan dengan ikhlas akan mendapatkan pahala. Sholat lima waktu dilakukan sehari semalam sejak pagi sampai dengan malam mulai dari sholat Subuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya’. Sholat Subuh dengan bacaan doa qunut Subuh adalah sholat wajib yang dilakukan di pagi hari.

Jumlah rakaat sholat wajib sehari semalam adalah 17 rakaat. Sholat Subuh 2 rakaat, sholat Maghrib 3 rakaat, sholat Dhuhur, Ashar, dan Isya 4 rakaat. Tata cara pelaksanaannya sama, yang membedakan adalah niatnya dan jumlah rakaatnya. Untuk sholat Subuh memiliki keistimewaan tersendiri, karena ditambah dengan bacaan qunut. Bacaan qunut ini tidak dilakukan atau diterapkan di waktu sholat yang lainnya. Hanya saat melaksanakan sholat Subuh saja.

Waktu yang dihabiskan untuk melaksanakan sholat Subuh ini walaupun ditambah bacaan qunut pun tidak banyak atau bertambah lama, karena memang bacaannya yang tidak panjang. Cukup mudah dihafal dan sangat dianjurkan untuk dilaksanakan saat Sholat Subuh.

Tata cara membaca Doa Qunut Subuh

Doa qunut memang doa yang sifatnya sunnah. Boleh dibaca dan boleh tidak. Jika dilaksanakan akan mendapat pahala dan tidak dilaksanakan tidak berdosa. Bagi sebagian orang, kesulitan untuk menghafalkan bacaan qunut ini, sehingga mereka tidak mengamalkannya saat sholat.

Bagi anak-anak yang masih masa belajar, mereka kebanyakan belum melengkapi amalan sholat Subuh dengan doa qunut. Namun bisa dibiasakan nantinya, sehingga amalan sholat Subuhnya menjadi sempurna.

Adapun tata cara membaca doa qunut Subuh saat shalat Subuh, yakni dibaca saat rakaat yang kedua dimana dilakukan setelah i’tidal. Biasanya setelah i’tidal akan dilanjutkan dengan sujud. Namun untuk sholat Subuh ini di rakaat kedua ini, setelah i’tidal, kita masih dianjurkan untuk berdiri sejenak membaca doa qunut.

Setelah membaca doa qunut Subuh ini, kita baru melakukan sujud. Itulah tata cara dalam melaksanakan sholat Subuh dengan doa qunut. Harus dilakukan secara urut dan benar. Tidak diperkenankan diganti di rakaat pertama sholat Subuh, tetap harus di rakaat kedua.

Bacaan Doa Qunut dalam Bahasa Arab:

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ
وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ
وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ
وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ
وَقِنِيْ شَرَّمَا قََضَيْتَ،
فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ
وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ
وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ
تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ
فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ
وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ




Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tata cara membaca Doa Qunut Subuh yang Benar dan Urut

0 comments:

Post a Comment