Doa adalah otaknya ibadah

Tuesday, February 6, 2018

Doa Setelah Sholat Fardhu Berdasar Tuntunan Rasulullah


doa setelah sholat fardhu
Doa merupakan suatu bentuk penghambaan diri seorang manusia terhadap Tuhannya baik itu doa yang berisi permohonan ampun, ungkapan rasa syukur, harapan dan permintaan serta hal-hal lain yang menjadi inti pokok suatu doa. Itulah mengapa doa selalu dianjurkan untuk dipanjatkan kapan pun dan dimana pun karena pada dasarnya tidak ada waktu yang mengikat suatu doa. Namun meskipun doa bisa dipanjatkan kapan saja dan dimana saja tetapi tetap ada waktu-waktu tertentu yang dianggap mustajab untuk memanjatkan suatu doa. Salah satu waktu mustajab doa itu adalah selepas solat wajib lima waktu atau solat fardu. Berdasar hal itulah artikel ini akan sedikit memberikan ulasan mengenai doa setelah sholat fardhu yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah Muhammad SAW agar anda dapat mempraktekkannya setiap selesai menjalankan solat wajib lima waktu.

Doa Setelah Sholat Fardhu Menurut Rasul
Adapun doa setelah sholat fadhu yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah Muhammad SAW adalah sebagai berikut:

Doa di atas menyiratkan makna bahwa anda memohon kepada Allah untuk menerima segala amal ibadah baik yang anda lakukan seperti solat anda, puasa anda, rukuk dan sujud anda serta hal-hal lainnya yang termasuk ke dalam ibadah anda. Serta minta disempurnakan hall-hal apa saja yang dirasa masih kurang terutama dalam hal beribadah kepada Allah SWT. Setelah membaca doa di atas anda dapat melanjutkan dengan doa berikutnya yaitu:


Sedangkan untuk doa yang kedua ini menyiratkan makna bahwa anda sebagai hamba Allah memohon agar selalu dituntun oleh Allah agar dapat selalu mengingat Allah, bersyukur atas segala yang telah Allah berikan serta senantiasa menuntun di jalan yang Allah ridoi. Kemudian lanjutkan lagi dengan membaca doa berikut ini:



Doa di atas merupakan bentuk ungkapan penyesalan atas segala dosa dan kekhilafan yang anda lakukan sebagai seorang manusia. Serta ungkapan sadar diri bahwa tanpa ampunan dari Allah maka niscaya tidak akan ada yang dapat diperbuat manusia sebagai seorang hamba. Setelah itu lanjutkan lagi dengan doa berikut:

Doa di atas dikenal juga dengan doa selamat karena memang berisi permohonan kepada Allah untuk keselamatan diri ketika hidup di dunia, mendapat kesemp[atan taubat sebelum mati, mendapat rahmat ketika ajal menjalang dan mendapat ampunan setelah mati.

Penutup Doa Setelah Sholat Fardhu
Setelah anda selesai membaca doa setelah sholat fardhu di atas maka dianjurkan bagi anda untuk membaca doa pribadi anda. anda tidak perlu ahli bahasa arab terlebih dahulu untuk bisa menyampaikan doa pribadi anda karena Allah Maha mengerti segala bahasa sehingga anda cukup menyampaikannya dengan bahasa sehari-hari anda saja. inti dari suatu doa adalah ketulusan dari si pemanjat doa, oleh sebab itu ketika anda memanjatkan doa maka sebaiknya anda melakukannya dengan penuh kesungguhan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Doa Setelah Sholat Fardhu Berdasar Tuntunan Rasulullah

0 comments:

Post a Comment