Doa adalah otaknya ibadah

Sunday, February 4, 2018

Doa Sholat Hajat untuk Meminta Petunjuk

doa sholat hajat

Solat sunah hajat merupakan salah satu solat yang memiliki keutamaan luar biasa bagi siapa saja yang mengerjakannya. Solat sunah hajat dipercaya dapat memberikan kepada petunjuk dari Allah atas segara kesukaran, keraguan, kebimbangan dan lain-lain yang dialami seorang manusia. Untuk itulah ketika anda sedang merasakan kesulitan, kebingungan, kegamangan maupun perasaan-perasaan tak tenang lainnya sangat dianjurkan untuk melaksanakan solat hajat ini. waktu mengerjakannya puncukup fleksibel karena bisa dilakukan kapan pun baik itu bagi hari, siang hari, sore hari maupun malam hari asalkan tidak pada waktu-waktu haram melaksanakan solat seperti saat fajar terbit dan saat matahari terbenam. Meski cukup fleksibel untuk dilaksanakan tetapi bagi anda yang hendak melaksanakan solat sunah hajat ini ada baiknya dilakukan pada waktu-waktu utama yakni di sepertiga malam. Hal ini didasarkan pada mustajabnya doa-doa yang disampaikan pada waktu tersebut. Karena setelah anda selesai mengerjakan solat hajat, dianjurkan kepada anda untuk membaca doa sholat hajat selain doa anda pribadi.

Bacaan Doa Sholat Hajat
Doa sholat hajat yang sangat dianjurkan untuk anda baca selepas melaksanakan solat sunah hajat adalah sebagai berikut:
 Makna dari doa di atas adalah bahwa anda memohon kepada Allah SWT untuk selalu diberikan rahmat, lindungan, ampunan, serta karunia. Selain itu tentu saja mengharap bahwa setiap cita-cita atau harapan yang anda miliki dapat dituntut jalannya oleh Allah agar selalu sesuai jalan yang Allah berikan. Serta tentu saja dihilangkan segala rasa gundah, gamang, ragu dan lain sebagainya dari hati seorang manusia karena sejatinya Allah adalah yang Maha membolak-balikkan hati.

Tata Cara Membaca Doa Sholat Hajat
Seperti yang telah disampaikan di atas bahwa untuk melaksanakan solat hajat ini sangatlah fleksibel, namun agar doa sholat hajat yang dipanjatkan seusai anda melaksanakan solat hajat lebih mustajab maka sebaiknya dilakukan di waktu-waktu mustajab doa yang memungkinkan anda mengerjakan solat hajat. Misalnya yaitu di sepertiga malam selepas anda melaksanakan solat sunah tahajud. Untuk membaca doa tersebut di atas pun sebetulnya tidak ada ketentuan baku apakah harus lantang, lirih atau bahkan di dalam hati saja sehingga anda dapat melakukannya senyaman anda. Tetapi perlu diingat jangan sampai bacaan doa yang anda ucapkan itu mengganggu orang lain karena terlalu keras. Selain itu jangan sampai anda terkesan riya dengan membiarkan orang lain mendengar anda sedang melaksanakan solat malam dan memanjatkan doa setelahnya. Selepas anda membaca doa solat ini maka barulah anda panjatkan doa pribadi anda sendiri yang sifatnya personal, dalam mengucapkannya pun boleh keras, lirih maupun dalam hati. Dengan melakukan solat sunah hajat serta memanjatkan doa setelahnya maka mudah-mudahan segala hajat anda selalu mendapat petunjuk dan tuntunan dari Allah SWT.

doa sholat hajat


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Doa Sholat Hajat untuk Meminta Petunjuk

0 comments:

Post a Comment