Doa adalah otaknya ibadah

Friday, February 23, 2018

Mengenalkan Doa Doa Harian Islam Pada Anak

doa doa harian
Sebagai orang tua, sudah merupakan tugas kita untuk membekali anak – anak kita dengan nilai – nilai penting dalam hidup, seperti diantaranya adalah sopan santun, kasih sayang, saling mengasihi antar sesama makhluk hidup, toleransi, tenggang rasa dan yang paling utama adalah nilai – nilai agama. Sebelum  buah hati kita mendapatkan materi mengenai agaman dari sekolah, addalah tugas kita sebagai orang tuanya untuk mengajarkan dasar – dasar agama pada mereka. Agama islam merupakan agama yang indah, agama yang selalu mengajarkan agar manusia selalu dan senantiasa mengingat Allah. Hal tersebut terlihat dari bagaiamana agama mengajarkan bahwa setiap kita akan melakukan sesuatu, mulai dari bangun tidur hingga akan tidur kembali, kita diajarkan untuk berdoa terlebih dahulu meminta perlindungan kepada Allah. Nah, poin – poin penting nan mendasar seperti inilah yang harus kita tanamkan dan ajarkan pada buah hati kita sedini mungkin, mengajarkan doa doa harian agar mereka tahu dan terbiasa untuk melakukanya hingga dewasa kelak.

Berikut ini Kumpulan Doa Doa Harian Islam
Kumpulan doa doa harian yang pertama kita mulai dari doa ketika kita baru terbangun dari tidur. Berikut adalah doa bangun tidur:  اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَحْيَانَا بَعْدَمَآ اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ ( Alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma tana wailaihin nusyur ) yang artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkankami sesudah kami mati ( membangunkan dari tidur ) dan sesungguhnya hanya kepada – Nya kami dikembalikan”. Selanjutnya, doa yang wajib diketahui, dihapalkan dan diamalkan oleh anak adalah doa sebelum makan: اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ ( Allahuma baarik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa adzaa bannaar ) yang artinya: Ya Allah, berikanlah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka. Selanjutnya adalah doa sesudah makan: اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ ( Alhamdulillaahil ladzii at’amanaa wasaqoo naa waja’alanaa muslimiin ) yang artinya: Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang – orang muslim. Selanjutnya adalah doa ketika mau tidur: بِسْمِكَ اللّٰهُمَّ اَحْيَا وَاَمُوْتُ    yang artinya: Dengan menyebut namaMu Ya Allah, aku hidup dan aku mati.
Doa doa harian di atas merupakan doa dasar yang harus diketahui anak. Masih ada banyak sekali doa harian lainya yang dapat anda ajarkan bertahap seiring dengan berjalanya waktu dan tumbuh embangnya. Mengajarkan doa paling efektif adalah dengan kita mencontohkanya setiap kita akan melakukan sesuatu. Kita dapat menunjukan pada anak untuk menengadahkan kedua tangan, kemudian membaca doa tersebut dengan suara yang lembut namun bisa anak dengar, lalu bacalah doa dengan pelan – pelan sehingga anak anda dapat dengan mudah untuk menyimak. Lama – kelamaan, ajaklah mereka berdoa bersama tiap sebelum melakukan sesuatu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengenalkan Doa Doa Harian Islam Pada Anak

0 comments:

Post a Comment