Doa adalah otaknya ibadah

Sunday, March 4, 2018

Al Ma'tsurat Petang Pagi dan Sore

al-matsurat petang
Saudara muslimin sekalian Apakah sudah familiar mengenai Al Ma'tsurat? Apabila belum, Izinkanlah penulis untuk membahasnya secara singkat dan mudah - mudahan dapat dipahami oleh saudara muslimin sekalian. Al Ma’tsurat merupakan kitab kecil yang berisi tentang kumpulan doa dan dzikir yang berasal dari kitab suci Al Quran dan juga kumpulan Hadits as-sunnah. Kena hari ini penulis akan membahas Al Ma'tsurat petang yang baik dibaca saat pagi sebelum matahari terbit maupun sore hari. Bersyukur adalah salah satu cara yang sangat dianjurkan agar kita senantiasa mengingat Allah. Dengan mengingat Allah kita akan sadar bahwasanya apapun yang kita lakukan, apapun yang kita katakan bahkan sebelum kata-kata itu keluar dari mulut kita, apapun yang kita rencanakan maka sesungguhnya diketahui Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Karena itu dengan berdzikir dan senantiasa mengingat Allah maka kita dapat terbantu dalam berusaha menjauhi apapun larangan-Nya dan juga mematuhi segala perintah – Nya.

Manfaat Al Ma'tsurat Petang

Pada dasarnya berdzikir dapat dilakukan kapan saja. Namun sebagian kaum muslim mempercayai bahwa ada beberapa waktu yang dinilai lebih utama untuk melakukan dzikir salah satunya adalah pada saat petang. Sebagian ulama mendefinisikan waktu petang yang sangat dianjurkan untuk melakukan dzikir adalah setelah terbenamnya matahari terutama setelah waktu shalat isya' hingga sebelum terbitnya kembali matahari. Pada saat-saat inilah waktu yang sangat dianjurkan untuk menegakkan shalat dan juga mengucapkan dzikir diikuti dengan doa. Al Ma’tsurat petang berarti dzikir dan doa-doa yang dipanjatkan pada waktu yang barusan kita bersama bahas. Adapun Dzikir yang paling sering diucapkan oleh kaum muslim pada waktu petang adalah istighfar, Hamdalah,  La Ilaha Illallah, Allahu Akbar,  Sholawat Nabi, dan disusul oleh beberapa surat pendek Alquran seperti al-ikhlas,  Al Falaq, An nas, dan masih banyak lagi.
Tujuan mereka yang sering berpikir pada masa petang adalah agar senantiasa dekat dengan Allah karena pada saat petang di saat orang lain Tengah asyik terlelap tidur dan seseorang bangun untuk mengambil wudu dan menegakkan sholat malam, serta melakukan zikir niscaya ia akan merasa lebih dekat dengan Allah hatinya akan lebih hangat dan tenang, jalannya dalam mencari rezeki akan terasa lebih mudah dan hasil yang ia dapatkan akan terasa lebih berkah. Itulah beberapa keutamaan al-matsurat petang yang sudah dibuktikan oleh mereka yang melakukannya. Salah satu surah yang kerapkali dibaca pada saat dzikir di masa petang adalah ayat kursi: اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ، لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ، لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ، مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ، يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ، وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ، وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا، وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Al Ma'tsurat Petang Pagi dan Sore

0 comments:

Post a Comment