Doa adalah otaknya ibadah

Thursday, March 22, 2018

Doa manjur untuk melunasi Hutang dengan yang memusingkan

doa melunasi hutang
Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, terkadang kita meminjam uang ke teman,saudara,tetangga atau ke lembaga keuangan atau Bank.
Karena tergiur pola hidup yang konsumtif atau salah dalam mengatur keuangan sering kali tanpa kita sadari hutang kita sudah menumpuk dan sulit untuk dilunasi segera.
Sebagai insan yang beragama dan percaya akan hari akhir, kita sudah selayaknya hidup dengan sederhana karena kaya dan miskin hanya sementara. Oleh karena itu hendaknya hindari dari pinjam uang atau hutang.

Namun jika situasinya sudah terperosok jauh dan hutang kita sudah sangat besar, maka ada solusinya yaitu berusaha dan berdoa. Berikut ini adalah isi dari doa melunasi hutang.

Doa ini sebaiknya dibaca ketika hendak beranjak tidur.

اَللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ السَّبْعِ وَرَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، رَبَّنَا وَرَبَّ كُلِّ شَيْءٍ، فَالِقَ الْحَبِّ وَالنَّوَى، وَمُنْزِلَ التَّوْرَاةِ وَاْلإِنْجِيْلِ وَالْفُرْقَانِ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ شَيْءٍ أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهِ. اَللَّهُمَّ أَنْتَ اْلأَوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ اْلآخِرُ فَلَيْسَ بَعْدَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الظَّاهِرُ فَلَيْسَ فَوْقَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الْبَاطِنُ فَلَيْسَ دُوْنَكَ شَيْءٌ، اِقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ وَأَغْنِنَا مِنَ الْفَقْرِ

Allahumma robbas-samaawaatis sab’i wa robbal ‘arsyil ‘azhiim, robbanaa wa robba kulli syai-in, faaliqol habbi wan-nawaa wa munzilat-tawrooti wal injiil wal furqoon.


A’udzu bika min syarri kulli syai-in anta aakhidzum binaa-shiyatih.

Allahumma antal awwalu falaysa qoblaka syai-un wa antal aakhiru falaysa ba’daka syai-un, wa antazh zhoohiru fa laysa fawqoka syai-un, wa antal baathinu falaysa duunaka syai-un, iqdhi ‘annad-dainaa wa aghninaa minal faqri.

Artinya:

“Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, Rabb yang menguasai ‘Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Al-Qur’an).

Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah). Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu.

Engkaulah yang terakhir, setelahMu tidak ada sesuatu. Engkau-lah yang lahir, tidak ada sesuatu di atasMu. Engkau-lah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu.

Lunasilah utang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran.” (HR. Muslim no. 2713)

Imam Nawawi rahimahullah menyatakan bahwa maksud hutang dalam hadits tersebut adalah kewajiban pada Allah Ta’ala dan kewajiban terhadap hamba seluruhnya, intinya mencakup segala macam kewajiban.”

(Syarh Shahih Muslim, 17: 33).


Demikianlah isi dari doa melunasi hutang, semoga kita terhindar dari hutang yang memusingkan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Doa manjur untuk melunasi Hutang dengan yang memusingkan

0 comments:

Post a Comment